pathway ppok

Konsep map
PPOK (Asma)

Pengertian
Asma adalah proses peradangan di saluran nafas yang mengakibatkan peningkatan responsive dari saluran nafas terhadap berbagai stimulasi yang dapat menyebabkan penyempitan saluran nafas yang menyeluruh dengan gejala khas sesak nafas yang reversible (Muttaqin,2008)

berikut adalah pathway ppok, silahkan dilihat

Klasifikasi
1. Asma Alergik
Disebabkan oleh alergen atau allergen- alergen yang dikenal, missal seperti : serbuk sari, binatang amarah dan jamur. Kebanyakan allergen terdapat diudaraan dan musiman
2. Asma Idipatik atau Nonalergen
Asma idiopatik atau nonalergi dipengaruhi oleh agen farmakologi seperti aspirin dan agen anti inflamasi non steroid lainya seperti pewarna rambut, antagonis beta-andrenergik dan agen sulfit (pengawet makanan juga menjadi faktor pencetus.
3. Asma Gabungan
Merupakan asma yang paling umum. Asma ini mempunyai karakteristik dari batuk alergik maupun bentuk idiopatik atau nonalergik

Manifestasi
1. Bising mengi (weezing)yang terdengar atau tanpa stetoskop
2. Batuk produktif, sering pada malam hari
3. Sesak Nafas

Komplikasi
a. pneumotoraks
b. pneumonediatinum
c. Gagal nafas
d. Bronkitis
e. Atelektasis

Pengobatan
1. Agonis Reseptor Beta-2 Adrenergik
Merupakan obat terbaik untuk mengurangi serangan penyakit asma yang terjadi secara tiba-tiba dan untuk mencegah serangan yang mungkin dipicu oleh olahraga. Bronkodilator ini merangsang pelebaran saluran udara oleh reseptor beta-adrenergik. 
2. Kortikosteroid 
Kortikosteroid menghalangi respon peradangan dan sangat efektif dalam mengurangi gejala penyakit asma
3. Cromolin dan Nedocromil
Kedua obat tersebut diduga menghalangi pelepasan bahan peradangan dari sel mast dan menyebabkan berkurangnya kemungkinan pengkerutan saluran udara. 
4. Obat Antikolinergik 
Obat ini bekerja dengan menghalangi kontraksi otot polos dan pembentukan lendir yang berlebihan di dalam bronkus oleh asetilkolin. 
5. Pengubah Leukotrien
Merupakan obat terbaru untuk membantu mengendalikan penyakit asma


Terimakasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat,,

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : pathway ppok