pathway emboli air ketuban

Pathway emboli air ketuban - Emboli air ketuban adalah penyumbatan arteri pulmoner (arteri paru-paru) ibu oleh cairan ketuban. Emboli cairan ketuban merupakan sindrom dimana setelah sejumlah cairan ketuban memasuki sirkulasi darah maternal, tiba-tiba terjadi gangguan pernafasan yang akut dan shock.

Etiologi
belum jelas diketahui secara pasti. Diduga bahwa terjadi kerusakan penghalang fisiologi antara ibu dan janin sehingga bolus cairan amnion memasuki sirkulasi maternal  yang selanjutnya masuk kedalam sirkulasi paru dan menyebabkan Kegagalan perfusi secara massif, Bronchospasme dan Renjatan

Faktor predisposisi
  • Usia lebih dari 30 tahun   
  • Janin besar intrauteri
  • Kematian janin intrauteri
  • Meconium dalam cairan ketuban
  • Kontraksi uterus yang kuat
Patofisiologi dari EAK yang kurang dipahami. Berdasarkan deskripsi awal, ia berteori bahwa cairan ketuban dan sel-sel janin memasuki sirkulasi ibu, mungkin memicu reaksi anafilaksis terhadap antigen janin. Namun, bahan janin tidak selalu ditemukan dalam sirkulasi ibu pada pasien dengan EAK, dan materi berasal dari janin yang sering ditemukan pada wanita yang tidak mengembangkan EAK.
Perjalanan cairan amnion memasuki sirkulasi ibu tidak jelas, mungkin melalui laserasi pada vena endoservikalis selama diatasi serviks, sinus vena subplasenta, dan laserasi pada segmen uterus bagian bawah. Kemungkinan saat persalinan, selaput ketuban pecah dan pembuluh darah ibu (terutama vena) terbuka. Akibat tekanan yang tinggi, antara lain karena rasa mulas yang luar biasa, air ketuban beserta komponennya berkemungkinan masuk ke dalam sirkulasi darah. Walaupun cairan amnion dapat masuk sirkulasi darah tanpa mengakibatkan masalah tapi pada beberapa ibu dapat terjadi respon inflamasi yang mengakibatkan kolaps cepat yang sama dengan syok anafilaksi atau syok sepsis. Selain itu, jika air ketuban tadi dapat menyumbat pembuluh darah di paru-paru ibu dan sumbatan di paru-paru meluas, lama kelamaan bisa menyumbat aliran darah ke jantung. Akibatnya, timbul dua gangguan sekaligus, yaitu pada jantung dan paru-paru. Pada fase I, akibat dari menumpuknya air ketuban di paru-paru terjadi vasospasme arteri koroner dan arteri pulmonalis. Sehingga menyebabkan aliran darah ke jantung kiri berkurang dan curah jantung menurun akibat iskemia myocardium. Mengakibatkan gagal jantung kiri dan gangguan pernafasan. 
Baca juga : Pathway Keratitis

Komplikasi
  • Kolaps pembuluh darah tepi.
  • Edema pada jaringan perifer.
  • Koma, kematian.
  • Iskemik
  • Ganguan pembekuan darah.
Daftar Pustaka
Nugroho,Taufan.2012.Patologi Kebidanan.Nuha Medica:Yogyakarta
Marmi, A.Retno Murti Suryaningsih dan Eri Fatmawati.2011.Asuhan Kebidanan
Patologi.Pustaka Pelajar:Yogyakarta

Terimakasih sudah berkunjung di sini, itulah Pathway emboli air ketuban, gimana sudah paham kan perjalananya. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.
Baca juga : Pathway Hordeolum



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : pathway emboli air ketuban